Selasa, 10 April 2012

Tehnik dasar untuk belajar bermain gitar


Belajar gitar adalah hal yang menyenangkan. Anda dapat menggunakan gitar untuk bermain dalam jenis musik apapun, mulai dari metal, country, klasik dan lainnya. Alat music gitar lebih mudah dimainkan daripada alat musik lainnya setelah mengusaai dasar-dasarnya.
Bagi anda yang belum bisa memainkan alat musik gitar, teknik belajar gitar tidaklah mudah. Mungkin anda butuh beberapa tahun untuk menguasai dasar-dasar bawah bermain gitar. Bagi anda yang memiliki kesulitan untuk membentuk kord dengan jari-jari anda, anda lebih baik memulai belajar lagu-lagu yang memanfaatkan catatan tunggal. Hal ini akan membantu anda untuk membangun kekuatan jari, ketangkasan, dan kedekatan anda dengan gitar.
Jika anda sudah memiliki gitar dan serius untuk berjuang belajar gitar seorang diri, berikut ini ada beberapa tips tehnik belajar gitar. Pertama, pertimbangkanlah membeli tuner. Tuner akan membantu untuk membuat suara yang lebih baik. Kedua, pelajarilah cara membaca tab gitar. Setiap baris sesuai dengan string dan setiap nomor akan memberitahu anda untuk menekan fret saat memetik string. Ketiga, tempatkan jari anda dengan benar pada frets. Keempat, memetiklah dengan tangan anda yang lain. Kelima, praktek akord. Mulailah dengan bermain lagu yang dengan sedikit akord dalam pengaturan sederhana.
Demikianlah beberapa tips dasar yang harus dikuasai seorang gitaris untuk memulai belajar bermain gitar. Yang perlu diiingat adalah tetap semangat dan terus-meneruslah berlatih.
Bisa memainkan alat musik gitar memang suatu hal yang mengasyikan. Gitar bisa dimainkan oleh siapapun, dan cukup mudah di dapat di toko alat musik namun perlu usaha yang tidak mudah untuk dapat memainkannya. Bagi yang sudah mahir bermain gitar, biasanya akan terus penasaran untuk mendalami ilmu bermain gitar.
Bagi anda yang ingin belajar bermain gitar, banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mempelajari bagaimana tehnik bermain gitar. Anda bisa membaca buku musik, bertanya kepada teman anda atau siapapun yang mengerti bagaimana bermain gitar, belajar gitar online, bahkan memilih untuk mengambil kursus belajar musik secara formal. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, belajar gitar atau alat musik menjadi semakin mudah. Dalam hal ini, internet adalah salah satu sumber paling mudah yang dapat digunakan. Internet adalah salah satu media informasi dimana anda bisa belajar gitar online.Melalui internet, anda dapat melihat video-video para gitaris dari seluruh dunia. Banyak sekali video yang memperlihatkan bagaimana bermain gitar, dan tehnik permainan gitar mulai dari kemampuan dasar sampai yang memiliki kemampuan tinggi.
Selain dengan cara melihat video, Ada beberapa program untuk belajar gitar online secara sederhana dan menyenangkan. Anda cukup meng-klik senar gitar sesuai dengan keinginan anda, kemudian secara otomatis keterangan kunci atau nada yang anda klik tadi akan muncul. Anda juga bisa mendengarkan suaranya.

1 komentar:

  1. Salam kenal...
    Mohon izinkan saya berbagi untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dalam bhs Indonesia, silahkan kunjungi juga www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus